Burung Kondor Andes: Kondisi dan Statusnya yang Langka

Daftar Isi [ Open ]

Burung Kondor Andes

burung kondor andes
burung kondor andes


Burung Kondor Andes adalah salah satunya spesies burung pemangsa paling besar dan paling kuat yang berada di dunia. Burung ini mempunyai kekhasan dan daya magnet yang mengundang perhatian beberapa periset dan pencinta burung.


Dalam artikel berikut, kita akan menerangkan dengan detil berkenaan burung Kondor khususnya yang ada di pegunungan Andes yang umum disebutkan Burung Kondor Andes, termasuk komunitas, karakter, sikap, dan pelindungan.


Komunitas dan Distribusi

Burung Kondor Andes umumnya diketemukan di daerah Amerika Utara, khususnya di pegunungan tinggi seperti Pegunungan Andes. Mereka pilih komunitas yang terasing dan jauh dari keramaian manusia.


Komunitas alami burung Kondor Andes kerap kali ada di wilayah pegunungan yang curam dan susah dicapai. Mereka manfaatkan ketinggian dan arus udara yang kuat untuk menolong dalam penerbangan mereka.


Karakter Fisik

Burung Kondor Andes mempunyai ukurannya yang mengagumkan, dengan bentang sayap yang bisa capai lebih dari 3 m. Mereka mempunyai bulu hitam yang lebat dan tengkuk yang tidak dengan bulu. Salah satunya keunikan yang membandingkan Kondor ialah lekuk di ujung sayapnya yang disebutkan "jemari kambing" atau "kurva Kondor".


Paruh mereka warna kuning dan mempunyai bentuk yang unik, memungkinkannya mereka untuk secara mudah mengoyak daging dari bangkai sebagai makanan khusus mereka.


Sikap dan Rutinitas Makan

Burung Kondor Andes adalah pemakan bangkai, yang bermakna mereka makan hewan yang telah mati. Mereka mempunyai peran penting pada ekosistem karena menolong bersihkan bangkai yang menyebar di alam.


Kondor mempunyai indra penciuman yang tajam yang memungkinkannya mereka mengetahui bangkai dari jarak yang jauh. Mereka mempunyai kekuatan terbang yang hebat, dengan kekuatan menelusuri tempat luas saat cari sumber makanan.


Transisi Hidup dan Reproduksi

Burung Kondor Andes capai kematangan seksual pada umur sekitaran 5 sampai enam tahun. Mereka umumnya bersarang di tebing yang curam atau gua yang aman. Betina dari Burung Kondor Andes cuma akan bertelur satu butir tiap tahunnya.


Proses pengeraman telur berjalan sepanjang sekitaran 55 sampai 60 hari. Sesudah menetas, anakan burung Kondor Andes tetap tergantung pada induknya untuk memperoleh makanan dan pelindungan sepanjang beberapa waktu.


Pelindungan dan Pelestarian

Populasi burung Kondor Andes pernah merasakan pengurangan mencolok pada era ke-20 karena sering menjadi sasaran pemburu, lenyapnya komunitas, dan keracunan oleh bahan kimia. Tetapi, karena usaha pelestarian yang intens, populasi burung Kondor Andes sukses dipulihkan.


Program rekondisi yang mengikutsertakan penangkaran dan pelepasliaran burung Kondor Andes ke alam liar sudah memberi hasil yang positif. Sekarang ini, burung Kondor Andes kini dikelompokkan sebagai spesies yang hampir musnah dan memperoleh pelindungan hukum.


Informasi mengenai Burung Kondor Andes

Burung Kondor Andes (Vultur gryphus) adalah burung paling besar dan paling berat di dunia, beratnya capai sekitaran 16 kg.


Selainnya jadi burung paling berat, riset terkini ungkap bukti menarik mengenai burung dari Amerika Selatan ini. Study yang keluar di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) temukan jika saat burung kondor andes mengudara, mereka nyaris sebelumnya tidak pernah mengemaskan sayap.


Bukannya jatuh, burung kondor andes malah bisa terbang tinggi. Sepanjang penerbangan, 99 % waktunya dipakai untuk melayang-layang. Cuma mengemaskan sayap saat diperlukan.


Riset Burung Kondor Andes

Beberapa pakar menunjukkan, kekuatan terbang burung kondor Andes ditolong oleh angin dan arus panas.


Ini dijumpai sesudah pakar memperhatikan sikap burung kondor andes sesudah tempelkan piranti bio-logging ke delapan burung kondor andes umur remaja. Dari alat ini, mereka temukan jika waktu penerbangan kondor andes capai lebih dari 230 jam.


Sepanjang waktu penerbangan itu, cuma 1 % yang dihabiskan untuk mengemas dan ini umumnya dilaksanakan saat sebelum take-off atau landing.


"Kekuatan terbang ini kelihatan kesemua burung kondor andes yang dilihat," tulis beberapa penulis seperti dikutip Science Alert. "Karena tidak ada burung dewasa, maknanya burung yang muda dan belum eksper bisa terbang sepanjang beberapa jam tanpa mengemaskan sayap."


Satu ekor burung kondor andes muda bisa terbang lebih dari lima jam tanpa mengemaskan sayap sekali juga. Dengan waktu pintas ini, burung kondor andes muda dapat pergi sepanjang 170 km dengan meng ikuti arus udara.


Video Burung Kondor Andes

 


Burung Kondor Andes

Burung Kondor Andes adalah spesies burung yang memikat dan penting pada ekosistem. Mereka mempunyai karakter fisik yang unik, rutinitas makan yang unik, dan peranan penting saat bersihkan bangkai di alam.


Walaupun sebelumnya pernah hadapi teror kemusnahan, usaha pelestarian sudah sukses selamatkan populasi burung Kondor. Dalam usaha melestarikannya, memerlukan kerja sama di antara pemerintahan, periset, dan khalayak luas. - Burung Kondor Andes


LihatTutupKomentar