Taman Burung Jagat Satwa Nusantara Punya Koleksi Burung dari Ujung Sabang Sampai Merauke, Benarkah?

Daftar Isi [ Open ]

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara

taman burung jagat satwa nusantara
taman burung jagat satwa nusantara

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara - Hai semua! Apa kabar? Jika kamu masih bingung mencari destinasi akhir pekan yang seru untuk keluarga, maka kamu berada di tempat yang tepat! Kali ini, kita akan membahas Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, tempat yang baru saja mengalami pembaruan hebat dan siap memukau pengunjungnya.


Taman Burung Jagat Satwa Nusantara

Destinasi yang Menyala pada 17 Agustus 2023

Pada tanggal 17 Agustus 2023, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara dengan bangga membuka pintunya kembali untuk umum. Terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tempat wisata yang menakjubkan ini siap menyambutmu mulai pukul 09.00 - 18.00 WIB setiap harinya.


Taman ini telah menjalani proses revitalisasi yang spektakuler dan kini menjadi destinasi utama bagi pecinta satwa, penggemar alam, serta siapa saja yang ingin memahami kekayaan hayati Indonesia.

taman burung jagat satwa nusantara
taman burung jagat satwa nusantara


Jelajahi Keanekaragaman Satwa Indonesia

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 burung yang berasal dari 218 spesies berbeda. Keindahan alam dan beragamnya satwa di sini akan memukaumu. Apalagi, sebagian besar dari mereka adalah burung endemik Indonesia yang terjaga dan terawat dengan baik.


Taman seluas 6 hektar ini terbagi menjadi empat unit yang mewakili berbagai kerajaan satwa, termasuk dunia ikan, serangga, amfibi, reptil, dan tentu saja, burung.


Selama proses revitalisasi, para burung ini dipindahkan ke tempat karantina untuk menghindari stres dan penyakit. Setelah proses itu selesai, mereka menjalani proses habituasi sebelum dipindahkan ke kandang-kandang baru yang lebih nyaman.


Dari Sabang Sampai Merauke: Burung-burung Nusantara

Burung-burung di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara ditempatkan berdasarkan wilayah asal mereka. Ada Kubah Sunda Besar untuk burung dari wilayah Indonesia Barat dan Kubah Wallacea & Sahul untuk burung dari wilayah Indonesia Timur.


Yang membuat tempat ini semakin istimewa adalah adanya zona raptor atau burung pemangsa. Tim di sini berkomitmen menjaga keberlangsungan hidup mereka dengan memberikan makanan bernutrisi, menciptakan kandang yang menyerupai habitat alami mereka, dan mencoba untuk menyatukan mereka.


Daftar Burung Endemik di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara

Berikut adalah daftar burung yang ada di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara beserta habitat asalnya:

Jenis Burung Habitat Asal
Burung Elang Jawa Pulau Jawa
Merak Hijau Indonesia Timur
Undan Kacamata Indonesia Barat
Myzomela Irianawidodoae Pulau Rote


Daftar ini mencakup beberapa jenis burung yang dapat ditemukan di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, beserta wilayah asal atau habitat alaminya. Tempat ini memainkan peran penting dalam pelestarian dan konservasi burung-burung langka dan endemik Indonesia.


Pertunjukan dan Edukasi

Setiap hari, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara mengadakan pertunjukan edukasi yang mengesankan untuk pengunjung. Kamu juga bisa merasakan pengalaman tak terlupakan berinteraksi dengan burung elang. Namun, jangan khawatir, jumlah pengunjung dibatasi demi kenyamanan satwa-satwa di sini.


Tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas, termasuk taman bermain anak yang dirancang sesuai dengan konsep montessori. Jangan lupa menjelajahi beberapa tempat ikonik seperti Rumah Pohon Mbaru Niang dan Jembatan Layang Omo Hada yang berada di masing-masing kubah aviary.


Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk masuk ke Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp50.000 pada hari biasa (Senin-Jumat) dan Rp60.000 untuk hari libur nasional serta akhir pekan (Sabtu & Minggu).


Jam buka taman ini adalah pukul 09.00-17.00 WIB dari Senin-Jumat, dan pukul 09.00-18.00 WIB pada akhir pekan dan hari libur nasional.


Menuju TMII dengan KRL

Lokasi taman burung yang erada di wilayah TMII (Taman Mini Indonesia Indah) membuat kita jauh lebih mudah untuk datang berkunjung. karena memang banyak sekali moda transportasi menuju ke lokasi ini. 


Bagi para pecinta kereta api, menuju TMII dengan KRL bisa menjadi pilihan tepat. Stasiun Tanjung Barat menjadi gerbang terdekat untuk memasuki gerbang TMII.


1. Dari Stasiun Jakarta Kota:

  1. Naiki KRL jurusan Bogor dan turun di Stasiun Tanjung Barat.
  2. Dari Stasiun Tanjung Barat, lanjutkan perjalanan dengan ojek online atau ojek pangkalan menuju TMII. Jaraknya sekitar 7,6 km dengan waktu tempuh 15 menit.

2. Dari Stasiun Bogor:

  1. Naik KRL jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Tanjung Barat.
  2. Sama seperti rute sebelumnya, kamu bisa menggunakan ojek online atau ojek pangkalan untuk menuju TMII.

3. Dari Stasiun Bekasi:

  1. Naiki KRL jurusan Manggarai dan turun di Stasiun Manggarai.
  2. Transit ke KRL jurusan Bogor dan turun di Stasiun Tanjung Barat.
  3. Lanjutkan perjalanan dengan ojek online atau ojek pangkalan menuju TMII.

Menuju TMII dengan TransJakarta

Bagi kamu yang ingin bepergian dengan ramah lingkungan dan hemat biaya, TransJakarta bisa menjadi pilihan tepat. Halte Garuda Taman Mini menjadi halte terdekat dengan TMII.


Rute dari Lokasi Keberangkatan:

  1. Naik TransJakarta dengan rute ke Halte Cawang UKI di Jakarta Timur.
  2. Transit ke TransJakarta Koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) arah Pinang Ranti atau 9C (Bundaran Senayan-Pinang Ranti) arah Pinang Ranti.
  3. Bus akan melewati jalan tol dan berhenti di Halte Taman Mini Garuda.
  4. Dari Halte Taman Mini Garuda, kamu bisa menggunakan ojek online atau ojek pangkalan untuk menuju TMII. Jaraknya sekitar 1,4 km dengan waktu tempuh 5 menit.


Tips Perencanaan Sebelum Keberangkatan

Berikut ini kami berikan tips Tambahan, agar keberangkatan Anda menjadi lebih siap:

  • Gunakan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps atau Waze untuk mempermudah perjalananmu.
  • Pertimbangkan membeli tiket KRL Commuterline Day Pass untuk menghemat biaya jika kamu berencana bepergian dengan KRL lebih dari sekali dalam satu hari.
  • Bawalah uang tunai secukupnya untuk pembayaran ojek online, ojek pangkalan, dan keperluan lainnya di TMII.
  • Patuhi peraturan lalu lintas dan jagalah barang bawaanmu selama perjalanan.


Jadi, jika kamu mencari petualangan eksotis bersama satwa Indonesia dan ingin berbagi pengalaman seru bersama keluarga, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara adalah pilihan yang tepat. Ayo kunjungi tempat ini dan nikmati hari yang penuh keajaiban dengan berbagai burung indah dan langka dari Nusantara!

Artikel - Taman Burung Jagat Satwa Nusantara



LihatTutupKomentar